makanan yang mengandung vitamin D

Aneka Makanan Yang Mengandung Vitamin D

Posted by

Ada banyak sumber vitamin D: sereal, buah-buahan, sayuran, daging olahan, ikan, dll. Peran vitamin D untuk tubuh sangat penting, menurut para ahli dari jenis vitamin ini mampu mengoptimalkan penyerapan kalsium dan nutrisi fosfor sebagai bahan baku pembentukan tulang.

makanan yang mengandung vitamin D

Sumber makanan mengandung vitamin D

Tak hanya makanan yang mengandung vitamin D, tapi Anda juga bisa mendapatkan jenis vitamin ini dengan cara bebas yang membutuhkan berjemur di bawah sinar matahari. Setiap sinar matahari terpapar pada kulit dan kemudian tubuh akan mengubahnya menjadi vitamin D. alami. Cobalah untuk tan dari 07:00 sampai 09:00, di atas jam sinar matahari yang buruk bagi kesehatan kulit dan tubuh.

Kebutuhan vitamin D harian

Vitamin D termasuk dalam vitamin yang larut dalam lemak. Setiap orang membutuhkan jumlah vitamin D yang berbeda, semuanya tergantung pada usia dan aktivitas sehari-hari. Sesuai dengan standar gizi yang adekuat kebutuhan vitamin D anak dan orang dewasa sekitar 200 IU, sedangkan untuk lansia yang berusia 50 tahun membutuhkan 400 sampai 600 IU hari vitamin D.

Memang sekarang ada banyak suplemen multivitamin yang beredar di pasaran. Tapi jika Anda ingin mendapatkan asupan vitamin lebih tinggi, tambahkan dengan mengonsumsi beberapa sumber vitamin D berikut.

Sumber vitamin D

  1. Cod minyak hati (10.000 IU / 100 gram)

Banyak kode daging bisa berubah menjadi berbagai jenis masakan khas kuliner yang lezat. Biasanya, daging ikan ini diolah menjadi gherkins, ikan kalengan dan sebagainya. Ditemukan bahwa, setelah pemeriksaan lebih lanjut, cod liver mengandung vitamin D 10.000 IU per 100 gram. Dengan kandungan vitamin D yang sangat tinggi tersebut makabanyak perusahaan mengekstraknya dan dibuat sebagai kapsul.

Manfaat minyak ikan cod untuk tubuh:

Membantu meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh untuk mencegah osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang.

Kandungan lipid dan omega 3 efektif dalam mencegah munculnya plak pada arteri. Plak ini biasanya akan mengakibatkan serangan jantung dan stroke

Mampu mempercepat proses penyembuhan luka baru dan mencegah infeksi

Meningkatkan kecerdasan otak dan mencegah kepikunan.

  1. Salmon (1400 IU / 100 gram)

Salmon adalah jenis ikan yang ditemukan di Samudera Atlantik. Tidak seperti jenis ikan lainnya, salmon cenderung memiliki nutrisi yang lebih lengkap. Dari kandungan mineral alami, kalsium, fosfor, hingga tinggi vitamin D.

Di Jepang, salmon digunakan untuk membuat sushi atau olahan daging ikan mentah. Sementara di Indonesia sendiri, salmon masih merupakan produk impor yang harganya cukup tinggi. Anda bisa mendapatkan salmon di supermarket terdekat.

Manfaat Salmon untuk tubuh:

Membantu mencegah arthritis, memperbaiki kesehatan tulang dan gigi, dan mencegah osteoartritis.

Kandungan omega 3 dalam salmon berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak, terutama anak-anak

Cegah munculnya bekuan darah yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

  1. Kalengan tuna kaleng (880 IU / 100 gram)

Makanan yang mengandung vitamin D adalah tuna. Jenis ikan ini ditemukan di perairan dan perbatasan Indonesia. Tuna biasanya dikemas dalam kotak agar lebih awet. Anda cukup menambahkan beberapa bumbu saat memasak daging tuna. Ini memiliki rasa enak dengan tekstur lembut yang membuat daging tuna sangat dihargai oleh berbagai kalangan masyarakat.

Manfaat tuna untuk tubuh:

Kandungan omega 3 berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Kandungan protein penting asam amino berguna untuk pembangunan sel tubuh yang rusak.

Sumber vitamin D bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.

  1. Halibut (600 IU / 100 gram)

Ikan halibut atau yang sering disebut ikan disebelahnya, adalah sejenis ikan berbentuk datar yang bisa hidup sampai 200 kg. Ikan ini memiliki karakter unik saat mencari mangsa, maka akan terjun seperti dalam penyamaran, maka kapan akan ada mangsa yang akan robek, dia akan memakannya.

Dengan berat yang signifikan, halibut bisa dikonsumsi untuk 300 orang. Selain besar, ikan ini juga termasuk sumber vitamin D. Kandungan vitamin ini sangat cocok dikombinasikan dengan A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kita.

Read Another Post :