Pengaruh Keuangan Internasional Pasca Trump Resmi Dilantik

Pengaruh Keuangan Internasional Pasca Trump Resmi Dilantik

Posted by

Pengaruh Keuangan Internasional Pasca Trump Resmi DilantikKeuangan Internasional yang di sebabkan terpilihnya Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di nilai oleh banyak pihak rawan gejolak yang besar. Negara adidaya ini memang sangat berpengaruh kepada dunia internasional, walau hanya berlangsungnya proses demokrasi pemilihan presiden. Ya, presiden baru tentunya akan membawa kebijakan baru. Inilah yang akan menjadi pertanyaan besar apakah Trump bisa membawa Amerika Serikat kembali super power kembali atau malah sebaliknya. Langkah langkah Trump dalam membawa Amerika Serikita kembali ke jaman kejayaan akan berpengaruh pada perdagangan dunia dan kerja sama internasional. Maka dari itu, beberapa prediksi berupa opini sudah bermunculan terutama di bidang ekonomi.

Dunia cenderung merespon negatif pasca terpilihnya Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat. Memang hasil dari pemilihan presiden di Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu itu mengejutkan banyak pihak. Dunia mengira bahwa Clinton sebagai suksesor Obama. Beberapa kebijakan dan karakter Trump yang selama ini tercermin dari beberapa komentarnya di berbagai kesempatan dan disorot media membuat banyak orang khawatir Keuangan Internasional akan terguncang. Beberapa opini tersebut adalah sebagai berikut

  • Trump akan bersaing keras dengan pesaing perdagangan dunia terutama Negara China. Persaingan keras antar kedua negera ini dapat membuat goncangan pada dunia. Apalagi, Trump pernah mengatakan bahwa akan ada regulasi pajak khusus untuk produk produk China.
  • Pasar saham bersikap reaktif dan menunjukkan reaksi negatif saat Trump langsung terpilih bahkan bisa dikatakan anjlok. Hal ini menunjukkan secara jelas bahwa masyarakat dunia benar benar ragu menaruh kekayaannya di pasar saham. Takutnya, jika tren ini terus berlanjut maka pasar saham bisa terus memiliki tren buruk.
  • Keuangan dunia akan terguncang karena isu keamanan yang mengkhawatirkan. Trump adalah orang yang dirasa anti islam dan terlalu anti imigran. Perang terhadap terorisme memang perlu, tetapi dari beberapa pernyataannya ia cenderung juga anti kepada islam. Belum lagi, pernyataannya tentang ketidakberpihakannya terhadap para pekerja di negeri paman sam yang berasal dari luar Amerika Serikat atau disebut imigran. Trump akan menerapkan langkah yang tertutup dari perekonomian dunia dan orang orang luar negaranya.
  • Dampak lainnya yang akan terasa besar adalah banyaknya uang yang ditarik dari pasar modal di seluruh dunia dan akan kembali ke Amerika Serikat. Ya, trump ingin kembali membuat AS berjaya dan akan meningkatkan anggaran belanja terutama untuk infrastruktur. Maka dari itu sudah tergambar beberapa kebijakan akan membuat banyak orang asli Amerika Serikat yang akan memparkirkan uangnya di negara sendiri karena pajak yang murah, dan paket ekonomi lainnya.

Sebagai negara berkembang, Indonesia tidak boleh mundur ke belakang menghadapi kemungkinan gejolak saat Trump sudah resmi memimpin Amerika Serikat ini. Salah satu cara yang paling baik adalah menggerakan ekonomi dari rakyat. UMKM harus didukung serius, mencintai produk lokal harus ditingkatkan, dan keberpihakkan pemerintah di bidang ekonomi kepada rakyat harus semakin ditingkatkan untuk mencegah gejolak Keuangan Internasional.

Read Another Post :