Pentingnya Manajemen Keuangan

Pentingnya Manajemen Keuangan

Posted by

Pentingnya Manajemen KeuanganBisnis tanpa hitung hitungan sama saja bunuh diri secara perlahan. Ya, apapun bisnis yang anda geluti harus memiliki pengelolaan yang baik terutama pengelolaan atau Manajemen Keuangan. Uang memang bukan faktor satu satunya dalam sebuah bisnis, masih ada aset bergerak, aset tidak bergerak, sumber daya manusia, faktor inovasi, dan lain sebagainya. Namun, keuangan pada sebuah bisnis adalah sebuah indikator dari sukses tidaknya sebuah bisnis tersebut. Selain itu, manajemen yang baik pada bidang keuangan juga akan memberikan banyak manfaat bagi pemilik bisnis.

Manajemen Keuangan di rasa pentin karena memiliki manfaat langsung bagi perusahaan. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

  • Mengerti “Kesehatan” Perusahaan

Manfaat pertama pengelolaan keuangan yang baik adalah  bisa mengetahui “kesehatan” dari sebuah bisnis yang dilakoni. Misalnya, jika dari hasil pencatatan keuangan diketahui bahwa keuangan perusahaan sedang tidak baik maka bisa diambil langkah seperti pengurangan jumlah produksi, pengurangan jumlah sumber daya manusia, pengurangan biaya promosi, dan lain sebagainya. Bahkan, bisa diputuskan juga apakah kerugian yang dialami perusahaan masih bisa ditanggulangi atau memang sudah harus shutdown (gulung tikar). Jika dari hasil pengelolaan keuangan dikatakan kondisinya baik, perusahaan pun bisa membuat beberapa langkah pengembangan seperti penambahan biaya inovasi, ekspansi perusahaan, meningkatkan promo produk dan citra perusahaan, dan langkah lain sebagainya yang memerlukan dukungan finansial. Dengan begitu, perusahaan akan bisa semakin maju dan berkembang.

  • Terhindar Dari Kerugian

Manfaat lainnya yang dapat dirasakan langsung adalah terhindar dari kerugian. Dengan catatan keuangan yang rapi dan jelas, akan meminimalisir adanya penyelewengan dana dan menghindari penggunakan strategis bisnis yang tidak menguntungkan secara terus menerus yang terkadang tidak disadari.

  • Mudahnya Menambah Modal

Reputasi perusahaan bisa ditentukan dari rapi dan jelasnya pengelolaan keuangan sebuah perusahaan. Jika perusahaan besar, sudah tentu ada lembaga tertentu yang akan mengaudit keuangan untuk kepentingan pajak. Selain itu, reputasi yang baik yang dicerminankan dari pengelolaan keuangan yang baik akan membuat mudahnya menambah modal dana. Misalnya dengan meminjam tambahan modal dana dari bank, catatan keuangan yang baik membuat pihak bank percaya untuk memberikan suntikan dana. Tambahan modal lainnya juga bisa berasal dari investor perorangan atau badan usaha yang ingin bekerja.

Para pelaku bisnis sudah sepantasnya untuk memperhatikan Manajemen Keuangan yang baik dan jelas setelah mengerti betapa pentingnya pengelolaan bidang ini. Biasanya, untuk bisnis skala mikro dan kecil masih sering mengabaikan spesialisasi pengurus bidang keuangan. Segala pencatatan dan pengaturan keuangan lebih sering dirangkap oleh pemilik bisnis. Hal ini tidak menjadi masalah jika memang pemilik bisnis tersebut mampu memisahkan kekayaan pribadi dan kekayaan perusahaan. Apabila tidak bisa, ini akan menjadi masalah besar dan berakibat pada tidak berkembangnya sebuah bisnis.

Read Another Post :